Gambar Badai Matahari Secara Dekat Ilmuwan Prediksi Akan Ada 6 Badai Besar Matahari

Posted by alfan munandar Wednesday, March 28, 2012 0 comments


Kamis (8/3/2012) badai matahari terbesar dalam lima tahun melanda Bumi. Meski diakui tak mengancam keberadaan manusia, namun badai ini bisa menyebabkan aktivitas manusia terganggu. Karena saat badai matahari ini melandan maka sistem pada satelit, sumber listrik, alat telekomunikasi akan terganggun dan tak dapat berfungsi selama 24 jam.




Menurut pakar antariksa, ada lima atau enam badai besar lagi yang akan datang dalam 18 bulan mendatang. Ilmuwan antariksa Maggie Aderin-Pocock, mengatakan jika matahari akan memancarkan sejumlah besar material.

"Lima atau enam yang besar dan beberapa yang kecil," kata Aderin-Pocock. Tapi, imbuhnya, jilatan badai matahari ini tidak selalu mengarah ke Bumi.

Peringatan ini muncul setelah pada hari Kamis (8/3/2012) terjadi badai matahari. Akibat badai besar matahari ini, para ahli memprediksi akan ada pemadaman listrik, gangguan GPS, dan gangguan besar pada industri penerbangan.

"Sejauh ini tidak ada laporan kerusakan. Tapi, badai ini baru permulaan," kata Aderin-Pocock.

Meski badai Matahari yang lalu tidak terlalu berdampak luas, dia mengingatkan kemungkinan ada badai yang lebih besar di kemudian hari. Dan badai ini bisa bergerak ke arah mana pun. Jika langsung menuju Bumi, penduduk bisa menyaksikan Cahaya Utara atau aurora.

Craig Underwood dari University of Surrey menilai badai ini memang paling besar dalam beberapa tahun terakhir tapi bukan yang paling parah. Dia juga menegaskan peristiwa alam ini menjadi peringatan pada manusia.

"Bagaimana kehidupan modern kita sangat tergantung pada teknologi antariksa dan jaringan listrik nasional."