Ampas Kopi Dan Manfaatnya

Posted by alfan munandar Saturday, February 4, 2012 0 comments

Selain Kopi nikmat untuk diminum, ternyata biji kopi atau sisa ampas kopi setelah habis diminum ternyata juga memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah :

1. Penghilang bau pada tangan, Setelah memotong atau mencacah bawang putih atau bawang bombay, biasanya aroma khas kedua bumbu tersebut menetap lama di kulit telapak tangan. Sudah dicuci berkali-kali pun, masih sering tersisa baunya. Coba ambil segenggam biji kopi kemudian gosokkan pada telapak tangan. Niscaya, bau bawang tadi akan menghilang.
2.Sebagai penahan lilin, Punya lilin tetapi tak memiliki tempat lilin cantik? Berdayakan saja vas bunga bening Anda. Isi vas dengan biji kopi secukupnya hingga bisa dijadikan tempat lilin berdiri dan tersangga saat ditaruh di dalam vas. Tak hanya akan menjaga lilin tetap berdiri, sekaligus mengurangi bekasnya, karena biji kopi akan menahan sisa lilin yang meleleh.
3. Penetral aroma, Kopi bubuk memang biasa ditaruh di pojokan ruang yang baru saja dicat, gunanya untuk menyerap aroma cat yang sering membuat kepala pusing. Kopi punya daya guna sebagai penetralisir aroma. Saat Anda berencana berbelanja parfum dengan aroma baru, coba bawa segenggam biji kopi dalam plastik kecil. Hirup aroma biji kopi tersebut di antara tes mencium aroma parfum.
4. Mengencangkan pori-pori kulit wajah, Seduh 2 cangkir biji kopi dalam ember berisi air panas. Setelah air menghangat, basuh wajah Anda menggunakan air tersebut. Dipercaya, air ini bisa mengencangkan pori-pori kulit wajah.
5. Memberi ruang di tengah kulit pai, Saat akan memanggang kulit luar pai, gunakan biji kopi untuk mencegah adonan menggembung atau menyusut. Lapisi bagian dalam dan sisi kue pai yang akan dipanggang dengan aluminium foil kemudian isi dengan biji kopi.
6. Sebagai penutup bagian furniture yang tergores. Poleskan ampas kopi dengan menggunakan 2.cotton bud pada bagian yang tergores.
7. Sebagai pengusir serangga. Taburkan ampas kopi dimana ada banyak serangga berkumpul.
8.Sebagai campuran pupuk.
9. Sebagai pewarna pakaian dan kertas.
10. Sebagai pengusir kutu anjing. Gosokan pada bulu anjing saat Anda memandikannya. Lalu bilaslah dengan air.
11. Sebagai penghilang bau lemari dan kulkas. Taruhlah ampas kopi dalam kantung nylon dan gantungkan dalam lemari.
12. Sebagai penghilang lemak atau debu pekat yang melekat diperalatan masak. Dengan cara menggosokan pada peralatan masak.
13. Sebagai penghilang bau ditangan. Cukup dengan menggosokannya pada tangan.
14. Sebagai masker wajah. Oleskan campuran ampas kopi dengan kuning telur.
15. Sebagai scrub. Campurkanlah dengan sabun cair lalu gosokkanlah pada tubuh ketika mandi. Dapat membuat kulit menjadi halus dan merontokkan sel-sel kulit mati.