online marketing

Sunday, March 27, 2011

Aplikasi pem-blokir iklan (adsense) ketika browsing

Bagi yang gemar browsing di internet, pasti akan sering menjumpai iklan-iklan yang muncul dengan sendirinya tanpa diundang. Biasanya sering disebut dengan istilah advertisement. Hal ini merugikan karena dapat menghabiskan bandwith dan juga waktu kita menjadi terbuang sia-sia hanya untuk melihat iklan kemudian menutupnya. Tentunya tujuan kita browsing di internet adalah untuk mencari informasi bukan mencari iklan. Tetapi untuk pengguna Mozilla Firefox, janganlah bersedih hati karena saya telah menemukan add-on untuk Mozilla Firefox yang terbukti cukup ampuh dalam menangani iklan yang tak diundang.

Untuk memblokir iklan tersebut, kita menggunakan salah satu add-on Mozilla Firefox yang bernama Adblock Plus. Saya rasa add-on ini cukup ampuh dalam menangani sekian banyak iklan yang tak diundang. Bila tertarik, silakan klik di sini untuk meng-install add-on ini.
Agar lebih jelas, saya akan menunjukkan bagaimana cara meng-install add-on ini. Setelah mengunjungi situs tersebut, klik Add to Firefox untuk segera memulai proses instalasi.adblock-plus-firefox-add-ons Lalu akan terbuka jendela baru yang isinya berupa peringatan tetapi lanjutkan saja prosesnya.adblock-plus-install-add-ons Kemudian proses instalasi pun berlangsung dan setelah selesai maka Mozilla Firefox akan meminta untuk di-restart. Setelah Mozilla Firefox terbuka lagi, pastikan ada logo Adblock Plus bertuliskan ABP pada pojok kanan atas. Itu artinya proses instalasi telah berhasil.adblock-plus-logo
Untuk membuktikan keampuhannya, marilah kita mengujinya terlebih dahulu dengan membuka salah satu situs. Klik logo bertuliskan ABP tersebut untuk menampilkan komponen suatu situs. Pertama-tama kita akan membuka salah satu situs yang sudah pasti tidak dipasang iklan apapun, yaitu http://www.google.co.id/ maka tampilannya akan seperti ini. adblock-plus-item-list-at-google-indonesiaTernyata memang tak ada satupun iklan di sana. Kemudian kita akan membuka salah satu situs yang dikenal mempunyai banyak iklan, contohnya seperti http://www.hidemyass.com/ maka tampilannya akan seperti ini.adblock-plus-blocked-item-at-hidemyass Lihatlah, betapa banyak iklan yang tertangkap di sana. Iklan biasanya ditandai dengan adanya kata ad.
Namanya juga mesin, pasti suatu saat ada kesalahan. Mungkin saja suatu saat ada iklan yang tidak tertangkap. Untuk mengurangi resiko akan hal itu, kita perlu menambahkan filter pada Adblock Plus. Caranya klik tombol dropdown yang terdapat pada sebelah kanan logo bertuliskan ABP kemudian pilih Preferensi atau langsung saja tekan hotkey Ctrl + Shift + E. Pada menu bar, pilih Filter kemudian Tambahkan skrip filter.